Resep Es Oyen Khas Bandung

es oyen
Resep es oyen akhir-akhir ini menjadi buah bibir masyarakat. Es oyen adalah nama sebuah minuman es dengan banyak campuran buah. Entah darimana istilah es oyen itu. Tapi kata sebagian orang, es oyen itu berasal dari salah satu kota di provinsi Jawa Barat. Tepatnya di ibukota Jawa Barat yaitu kota Bandung. Di kota kembang inilah es oyen berkembang dengan cepat.

Banyak orang yang menyukai rasa es oyen. Membuat es oyen itu sendiri sangatlah mudah. Bahan utama es oyen ini adalah kelapa muda atau degan. Degan sendiri mudah diperoleh di sekitar kita.

Saat ini es oyen sudah banyak ditemukan di beberapa daerah walaupun disajikan dengan tampilan yang berbeda. Es oyen sangat mudah dibuat. Setiap orang atau anak kecil sekalipun pasti bisa membuatnya. Jika kita bisa membuatnya sendiri maka es oyen akan lebih sehat dan higienis. Adapun resep es oyen terdiri dari bahan utama, bahan pelengkap, dan cara membuat. Bahan utama pembuatan es oyen yaitu Kelapa muda atau degan sementara itu bahan pelengkapnya antara lain :

Bahan:
Kolang-kaling matang
Rumput laut
Buah nangka matang, potong dadu
Buah alpukat
Pacar cina
Susu kental manis
Sirup rasa strawberry
Es batu atau es serut

Cara Membuat Es Oyen

  1. Siapkan bahan utama yaitu kelapa muda atau degan. Carilah degan yang masih segar, kalau bisa yang baru dipetik dari pohonnya. Kupas dan belah kelapa muda itu. Kerok dan ambil dagingnya.
  2. Siapkan mangkuk. Masukkan kelapa muda tadi ke dalam mangkuk. Masukkan kolang-kaling matang, rumput laut, buah alpukat yang telah dipotong kecil-kecil.
  3. Ambillah es serut dan masukkan es serut sesuai selera ke dalam mangkuk tadi. Siramlah dengan sirup rasa vanilla atau strawberry.
  4. Berilah pacar cina dan potongan buah nangka di atasnya. Lalu sirap dengan susu kental manis.
  5. Sajian lengkap es oyen segar siap untuk dihidangkan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar