Resep Membuat Manisan Kolang-kaling Khas Betawi

manisan kolang kaling
Pernah mengonsumsi kolang-kaling? Buah yang berasal dari tanaman aren ini berwarna putih dan rasanya kenyal. Menyenangkan siapapun yang mengonsumsinya. Tapi ternyata untuk mendapatkan buah kolang-kaling tidak mudah. Produsen harus melalukan beberapa tahapan agar kolang-kaling tidak bergetah dan bias langsung dikonsumsi.

Untuk mengolah kolang-kaling pertama produsen harus membakarnya hingga hangus. Kemudian setelah tiak panas biji kolang-kaling dikeluarkan dari kulitnya. Setelah itu direbus untuk mengeluarkan getahnya. Ada pula yang merendam dengan larutan air kapur sehingga terjadi fermentasi.

Kolang-kaling ini rasanya segar karena 94 persennya adalah kandungan air. Selain itu, kolang-kaling juga mengandung sedikit karbohidrat dan protein yang sehat. Karena kaya akan serat dan air, maka kolang-kaling merupakan buah yang menyehatkan pencernaan manusia.


Cara Membuat Manisan Kolang-kaling

Salah satu olahan kolang-kaling yang disukai banyak orang adalah manisan. Berikut ini adalah resep lengkap serta cara membuatnya:

Bahan:
1/4 kg gula pasir
1 kg kolang-kaling
500 ml minuman berkarbonasi. Pilih yang ada warnanya
1 lembar daun pandan
10 lembar daun jeruk
Air cucian beras
Air panas (harus mendidih)

Cara membuatnya:
  1. Pertama cuci kolang-kaling dengan air cucian beras, kemudian bilas buah kenyal tersebut dengan air biasa.
  2. Didihkan air dan masukkan kolang-kaling hingga air tersebut mendidih kembali.
  3. Tiriskan kolang-kaling
  4. Rebus gula, minuman berkarbonasi bersama daun pandan dan daun jeruk
  5. Biarkan sampai mendidih, kemudian masukkan kolang-kaling ke dalamnya
  6. Tunggu hingga mendidih kembali
  7. Biarkan beberapa saat hingga manisan kolang-kaling dingin
  8. Ambil dan masukkan ke dalam kulkas.

Untuk menambah daya tarik konsumen ada baiknya ditambahkan bahan pewarna makanan pada saat perebusan kolang-kaling yang pertama. Kolang-kaling aneka warna ini bias disantap langsung ketika dingin atau dicampur dengan es buah untuk disajikan saat cuaca panas. Dijamin rasanya segar.

Tips membuat kolang-kaling tetap kenyal hingga berhari-hari adalah merebusnya dengan air kapur sirih. Air ini akan membuatnya sedikit lebih keras sehingga terasa kenyal. Hal ini disebabkan karena kandungan kalsium di dalamnya. Namun, bila anda tidak menyukainya, bisa langsung membuat manisan tanpa menggunakan rebusan air sirih.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar