Resep Bolu Panggang Enak Beserta Variasinya

bolu panggang
Kue bolu berasal dari Negara-negara Eropa yang dibawa ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Dalam bahasa Inggris kue ini bernama cake. Rasanya lembut dan manis serta dapat divariasi dengan bahan lainnya.

Kue bolu ini biasanya disajikan pada acara pernikahan. Namun, kini kue bolu telah berkembang pesat hingga banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional. Ketika menjumpai sebuah acara atau sekadar berkunjungpun serap dijumpai kue ini sebagai sajian.


Cara Membuat Kue Bolu Panggang

Inilah cara membuat bolu panggang yang lembut dan lezat. Bolu dasar ini bias anda variasikan dengan semua jenis selai dan dibentuk sesui selera.

Bahan:
100 gram gula pasir
2 butir telur
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt soda kue
100 gr tepung terigu
2 sdm sdm mentega cair

Langkah pembuatan:
  1. Pertama, kocok gula, vanili, dan telur dengan mixer hingga tercampur rata dan mengental
  2. Kemudian masukkan soda kue ke dalam adonan tadi
  3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus dimixer agar tidak menggumpal
  4. Masukkan mentega cair ke dalam adonan
  5. Mixer sampai adonan mengembang
  6. Siapkan cetakan bulat untuk memanggang. Lapisi cetakan bagian dalam dengan margarine (tipis saja). Kemudian masukkan sedikit tepung terigu ked lam wadah, ratakan dan buang sisanya.
  7. Masukkan adonan dan panggang dalam oven 180 derajat Celsius hingga berwarna kuning kecoklatan (sekitar 10 menit)
  8. Angkat dan sajikan

Ada banyak variasi yang biasa dibuat untuk merubah bolu dasar di atas menjadi bolu istimewa. Pertama, anda bias menambahkan coklat cair di atas adonan yang sudah dimasukkan ke dalam cetakan. Kemudian bentuk bunga atau batik dengan garbu yang diputar-putar di atasnya.

Kedua, anda juga bias mengubah rasa dasar bolu yang manis dengan tambahan perasa buah. Misalnya saja bolu rasa nanas, rasa stawberi, dan sebagainya. Sekarang ini yang banyak dijumpai di toko-toko adalah bolu rasa coco pandan, berwarna hijau dan aromanya harum. Untuk memperoleh bolu pandan silahkan tambahkan daun pandan dan pewarna hijau.

Jika menginginkan kue bolu dengan sensasi rasa yang berbeda anda dapat melakukan modifikasi terhadap resep diatas, caranya dengan membuat beberapa buah bolu persegi tipis, kemudian masukkan perekat, misalnya krim atau coklat ke dalamnya. Tumpuk dengan bolu lain di atasnya.

Agar lebih bervariasi, sebaiknya bolu yang ditumpuk dibuat beragam warna sehingga Nampak seperti pelangi. Anda pernah mendengan rainbow cake? Nah, kue itu sebenarnya dibuat dengan dasar kue bolu.

Terakhir adalah kue gulung yang berbentuk bundar. Sebenarnya kue gulung adalah bolu yang berbentuk persegei, kemudian ditambah selai atau krim diatasnya. Setelah itu gulung perlahan dan hati-hati agar kue bolu tetap utuh. Isi kue gulung bias divariasikan agar tidak bosan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar