Resep Daging Sapi Lada Hitam Oriental

sapi lada hitam
Siapa bilang makanan chinese sulit dimasak? Meskipun masakan-masakan China terlihat elit untuk ukuran kita, sebenarnya masakan cina tidak sulit dimasak kok. Bahkan bahan pembuatnya pun terhitung cukup mudah dicari. Salah satu masakan chinese yang paling mudah dimasak adalah sapi lada hitam.

Selain mudah dimasak, rasa sapi lada hitam yang pedas, gurih, dan manis ternyata juga sangat cocok dengan selera lidah orang Indonesia. Selain itu, kuliner khas negeri tirai bambu ini juga memiliki rasa rempah-rempah yang kuat sehingga tidak berbeda jauh dengan masakan nusantara.


Cara Memasak Sapi Lada Hitam


Nah kabar baiknya, anda tak perlu mencari restoran cina untuk sekedar menikmati sapi lada hitam ini. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai resep serta cara memasak daging sapi lada hitam ala dapur sendiri yang tentu saja rasanya tidak kalah dengan yang ada di restoran-restoran chinese.

Untuk 5 porsi.

Bahan:
500 gram (1/2 kg) daging sapi bagian fillet dalam, iris tipis.
2 batang daun bawang (loncang), iris menyerong.
1 liter air untuk merebus daging.
Kapri secukupnya.
Sawi putih secukupnya, potong-potong.

Bahan dan Bumbu Tumis:
5 siung bawang putih, cincang kecil.
1 buah bawang bombay, potong memanjang.
1 buah paprika hijau, potong sedang.
1 buah paprika merah, potong sedang.
3 sdm minyak goreng untuk menumis.
400 ml air.

Bahan Saus:
3 sdm kecap manis.
1 sdm lada/merica hitam bubuk.
3 sdm kecap asin.
10 sdm saus tiram.
2 sdm minyak wijen.
1.5 sdm garam.

Cara Memasak:
  1. Masak daging sapi dengan panci bertekanan tinggi (presto). Atau jika tidak ada presto, rebus dengan panci biasa namun dengan api kecil sampai empuk.
  2. Campur rata semua bahan saus, kemudian gunakan untuk merendam daging sapi yang sebelumnya sudah direbus. Diamkan selama 30 menit.
  3. Setelah 30 menit, goreng daging sapi di dalam teflon sampai harum kemudian angkat.
  4. Panaskan kembali minyak kemudian gunakan untuk menumis bawang putih, bawang bombay, serta paprika.
  5. Setelah tumisan berubah warna, masukkan kembali daging yang tadi sudah digoreng, lalu tumis sambil tambahkan sedikit air.
  6. Kemudian masukkan bahan saus, aduk sampai rata. Kemudian taburkan garam, lalu masukkan daun bawang, selada/sawi putih, dan kapri.
  7. Tumis terus sampai kuah meletup-letup kemudian angkat lalu sajikan selagi hangat.

Note: Jika tidak punya panci presto, maka trik untuk membuat daging menjadi empuk adalah dengan cara merebusnya bersama buah pepaya muda yang masih berwarna hijau atau dengan labu siam. Pastikan kompor dinyalakan dalam keadaan api kecil.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar