Cara Membuat Manisan Mangga Basah

manisan mangga
Manisan buah merupakan camilan sejuta umat. Rasanya yang sangat segar membuat camilan ini mempunyai banyak sekali penggemar. Salah satu buah yang paling sering diolah menjadi manisan adalah buah mangga. Buah ini sangat cocok dijadikan manisan karena rasa asam manisnya yang unik.

Manisan mangga sendiri sebenarnya dapat anda temukan dengan mudah di toko-toko, pasar tradisional, ataupun di pedagang keliling. Namun tanpa harus membeli pun sebenarnya anda dapat membuat sendiri manisan mangga dengan cukup mudah. Berikut adalah ulasannya.


Resep Manisan Mangga


Untuk membuat manisan, disarankan untuk menggunakan buah mangga muda yang masih setengah matang. Mangga yang masih setengah matang sendiri dapat dilihat dari dagingnya yang masih agak keras, warna daging kuning muda, serta rasanya yang masih masam.

Bahan:
1 kg buah mangga setengah matang, kupas kulitnya.
Air kapur sirih (injet) 100 ml.

Bahan Sirup I:
250 gram gula pasir.
1 sdm garam dapur.
200 ml air matang.

Bahan Sirup II:
250 gram gula pasir.
Air matang 500 ml.
Cabai merah secukupnya (opsional

Langkah Pembuatan:

  1. Potong buah mangga memanjang, kemudian rendam dalam air kapur sirih.
  2. Setelah 30 menit, angkat mangga lalu tiriskan kemudian cuci bersih sampai tidak ada kapur sirih yang masih menempel. Mangga akan terasa pahit jika tidak dicuci sampai benar-benar bersih.
  3. Singkirkan dulu mangga. Sekarang kita buat sirup mangga yang pertama. Caranya cukup rebus semua bahan sirup I sampai benar-benar tercampur merata dengan api kecil. Pastikan air terus diaduk selama proses memasak.
  4. Setelah sirup pertama dingin, tuangkan ke dalam toples yang sudah berisi potongan-potongan mangga. Kemudian diamkan selama semalam.
  5. Setelah didiamkan semalam, buang semua air yang masih tersisa di dalam toples kemudian kita ganti dengan sirup yang kedua. Cara membuat sirup II sama seperti saat membuat sirup I.
  6. Diamkan dulu mangga direndam dengan sirup II selama satu jam sampai benar-benar meresap, kemudian sajikan tanpa sirupnya.
  7. Jika ingin membuat manisan pedas, anda tinggal mencampurkan beberapa buah cabai yang sudah dihaluskan bersama dengan sirup II.

Selamat mencoba :)

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar