Cara Membuat Keripik Singkong Aneka Rasa

keripik singkong
Keripik singkong dengan berbagai variannya akhir-akhir ini memang sedang menjadi tren dikalangan masyarakat Indonesia. Sebut saja beberapa produk olahan keripik singkong yang sedang ngehits seperti keripik maicih, kribo, ndower, dll.

Keripik singkong merupakan camilan murah, enak, sekaligus awet dan bisa disimpan untuk waktu yang lama. Selain itu, keripik singkong juga bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko seluruh Indonesia. Jika ingin membuat keripik singkong dengan rasa-rasa, tinggal beli saja keripik singkong polos yang banyak dijula di pasaran lalu campurkan dengan bumbu bubuk sesuai selera.

Resep Keripik Singkong


Nah, bagi anda yang ingin membuat keripik singkong dari dapur sendiri, caranya cukup mudah kok. Cukup siapkan alat dan bahan serta ikuti petunjuk resep keripik singkong berikut ini. Jika langkah-langkah berikut anda ikuti dengan benar, maka keripik singkong yang dibuat akan terasa renyah namun memiliki tekstur yang lembut.

Alat:
Oven kompor.
Alat penggorengan.
Serutan buah, untuk mengiris singkong.

Bahan:
Singkong segar, terutama yang belum berumur lebih dari dua hari.
Air untuk merendam.
Soda Kue (1 sdt/liter air).
Minyak goreng (perbandingan minyak:singkong = 3:1).

Bumbu:
Jika menginginkan keripik tanpa rasa-rasa, cukup tambahkan garam secukupnya saja. Namun jika ingin bereksperimen, anda bisa menggunakan bumbu jadi yang banyak dijual di pasaran, seperti bumbu rendang, bumbu gulai, atau bumbu balado.

Cara Pembuatan:

  1. Iris singkong menggunakan serutan buah (jangan terlalu tipis).
  2. Campurkan soda kue dengan air panas, Gunakan untuk merendam sampai air mendingin.
  3. Bilas singkong dengan air bersih, kemudian tiriskan.
  4. Panaskan minyak dengan api besar, tunggu sampai mendidih lalu masukkan singkong.
  5. Tunggu sampai singkong mengambang, lalu tiriskan dan diamkan sampai dingin.
  6. Jika ingin menambahkan bumbu, maka tumis bumbu yang sebelumnya sudah disiapkan (usahakan bumbu diratakan keseluruh permukaan penggorengan).
  7. Kecilkan api, kemudian masukkan keripik singkong dalam bumbu dan campurkan sampai benar-benarata.
  8. Tunggu sampai bumbu benar-benar kering, kemudian matikan api dan angkat.
  9. Jika singkong dan bumbu masih terasa lembek dan basah, masukkan singkong yang sudah dibumbui ke dalam oven lalu tunggu sampai keripik renyah kembali.

Catatan: Jangan rendam terlalu lama singkong di dalam air karena justru malah akan membuat tekstur singkong menjadi keras sehingga tidak akan renyah saat digoreng.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar