Cara Membuat Kulit Lumpia Kering Goreng

kulit lumpia
Lumpia adalah jajanan Indonesia yang banyak disukai baik anak-anak maupun orang dewasa. Makanan yang digoreng ini juga sering disuguhkan untuk berbagai acara sebagai makanan ringan. Hal ini disebabkan rasanya yang lezat, cara pembuatan gampang, dan harganya murah. Kita juga bisa menjumpai lumpia di penjual jajanan pasar.

Lumpia atau yang juga disebut lunpia ini berasal dari Tiongkok dan dibawa warga tionghoa ke bumi pertiwi. Asal kata lumpia adalah “lum” atau lun yang berarti lembut sedangkan “pia” berarti kue. Tapi kenyataannya makanan ini dimasak dengan cara digoreng.

Resep Kulit Lumpia Basah


Kali ini kita akan mempelajari bagian dari lumpia yang paling penting dan dipandang sulit, yaitu bagian kulit. sebenarnya tekniknya sederhana, namun perlu sedikit latihan agar terbisaa. Langsung saja kita siapkan bahannya sobat.

Bahan:
200 gram tepung terigu
Garam secukupnya
200 ml air dingin
150 ml putih telur
Minak sayur

Langkah Pembuatan:
  1. Campur tepung terigu berprotein tinggi dengan garam secukupnya
  2. Tabahkan air sedikit demi sedikit hingga semua tepung terigu lembut (tidak ada yang menggumpal)
  3. Masukkan putih telur hingga semua adonan tercampur rata
  4. Diamkan adonan selama 40 menit agar menjadi lebih lembut
  5. Siapkan wajan anti lengket, panaskan dengan api kecil
  6. Ambil kuas untuk menyapukan minyak di wajan (jangan terlalu banyak agar kulit bisa tipis)
  7. Masukkan sedikit adonan, kemudian gerakkan wajan memutar agar rata
  8. Tunggu hingga warnanya menjadi kuning (jangan sampai terlalu kering agar tidak sulit digulung)
  9. Angkat dan letakkan di wadah
  10. Bagian atas kulit lumpia diberi daun pisang sedikit agar tidak lengket dengan kulit berikutnya
  11. Lakukan terus hingga adonan habis

Adapun isi lumpia bisa dibuat dari aneka bahan, misalnya bihun, wortel, toge, atau rebung. Apapun bahan isinya, kulit tetap sama. Bila di solo lumpia disebut dengan istilah sosis dan isinya makarobi lembek yang diberi bumbu. Sedangkan di Semarang kerap menggunakan bahan rebung. Isi lumpia yang berbeda ini bisa jadi disebabkan komoditas bahan makanan yang berbeda di suatu tempat.

Variasi baru dunia kuliner membuat lumpia jauh lebih kreatif. Isinya sekarang tidak hanya berasa asin tapi juga manis. Sebut saja lumpia berisi nanas yang rasanya manis dan asam. Tentu ini menambah cita rasa di dunia kuliner. Bila demikian, kulit lumpia hendaknya juga disesuaikan, yaitu berasa sedikit manis, bukan asin seperti bisaa. Ada variasi lumpia lain yang juga cenderung manis, yaitu lumpia isi pisang.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar