Resep Kue Talam Ubi Jalar

kue talam
Resep kue talam lebih dikenal oleh masyarakat dengan kue yang terbuat dari ubi, namun ada juga yang menggunakan resep dari tepung beras. Dengan rasa yang manis, dan tuangan santan yang ada diatasnya kue ini menjadi favorit disemua kalangan baik dari kecil sampai dewasa. Kue ini sangat mudah kita temui di barbagai pasar pelosok kota karena kue ini merupakan salah satu kue tradisional.

Selain dengan rasa yang unik dan nikmat, harganya pun cukup murah untuk semua kalangan. Jika anda pecinta kue talam, tidak perlu kehabisan uang untuk memborongnya, namun bagi yang ingin memperkecil pengeluaran dapat anda buat sendiri kue talam ini dengan bahan-bahanyang mudah anda dapatkan.


Cara Membuat Kue Talam


Bahan-bahan yang perlu anda sediakan untuk resep kue talam terbagi menjadi 2 bagian yaitu bagian bawah dan bagian atas berikut ini deskripsinya.

Bahan Utama:
ubi sebanyak 1/2 kilogram,
tepung kanji ,
2 gelas santan cair yang telah dimasak,
1/4 gula pasir, dan gula merah.

Bahan Pelapis Atas:
garam secukupnya,
santan kental,
tepung kanji,
tepung hunkwe secukupnya.

Langkah Pembuatan:
  1. Mulailah membuat dengan cara mengukus ubi yang telah dibersihkan sampai matang yang kemudian dikupas dan dihaluskan.
  2. Campurkan ubi yang telah dihaluskan dengan tepung kanji hingga semua merata. 
  3. Setelah itu campurkan kembali dengan irisan gula merah dan gula pasir dan tuangkan santan cair perlahan-lahan kedalam adonan sambil diaduk hingga merata sempurna.
  4. Setelah semua adonan telah rata, saringlah adonan lapisan bawah ini dengan saringan yang berlubang besar sehingga adonan tidak ada yang menggumpal.
  5. Siapkan adonan untuk lapisan atas dengan mencampurkan hunkwe dengan santan kental, garam secukupnya dan tepung kanji dan aduk sampai rata.
  6. Cetak kue dari aluminium atau plastic kemudian isi dengan adonan pertama dan kukus sampai matang, sebelum diangkat, tambahkan adonan kedua tepat diatasnya dan lanjutkan mengkukus sampai matang.
  7. Angkat kemudian dinginkan sebelum dihidangkan.
  8. Hidangkan resep kue talam yang telah anda buat tersebut dan rasakan kenikmatan dari hidangan buatan tangan anda sendiri, praktekkan kapan saja anda inginkan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar