Resep Sambal Matah Khas Bali

sambal matah
Bagi anda para pecinta makanan atau sambal pedas, pasti tidak asing lagi dengan nama sambal matah. Ya, sambal yang berasal dari Pulau Bali ini sangat lezat, tentunya sangat pedas. Dan bagi anda yang belum pernah tahu sebelumnya tentang sambal matah ini saya akan memperkenalkan kepada anda sekalian tentang Resep Sambal Matah ini.

Bagi anda pecinta makanan atau sambal pedas, tentu ingin membuat sambal sendiri, agar cocok tingkat kepedasannya dengan lidah kita, serta dapat dihidangkan disuatu saat kapanpun dan dimanapun anda inginkan. Sambal matah ini juga dapat dihidangkan pada saat makan bersama keluarga baik siang maupun makan malam dan pasti akan membuat keluarga anda ketagihan dengan sambal ini.

Bahan:
  • Cabai rawit 50 gram (sesuaikan dengan tingkat kepedasan, dan banyaknya porsi sambal yang akan anda hidangkan)
  • Minyak kelapa 10 ml saja
  • 2 buah jeruk limau
  • Sediakan garam secukupnya saja
  • Bawang merah kurang lebih 150 gram
  • Bunga kecicang (bisa diganti dengan belimbing wuluh atau mangga muda, jika anda tidak menyukai bunga kecicang, sesuaikan dengan selera anda)
  • Terakhir sediakan terasi sebanyak 3 gram saja

Langkah Pembuatan :
  1. Potong atau irislah hingga menjadi potongan yang tipis buanga kecicang, bawang merah, dan cabai rawit yang sudah anda siapkan tadi
  2. Campurkan irisan-irisan tipis tadi dengan terasi sangrai
  3. Kemudian yang terakhir campurkan bahan-bahan itu dengan minyak kelapa, garam secukupnya, dan jeruk limau yang sudah diperas
  4. Aduk-aduk atau remas-remas campuran tersebut hingga merata, dan siap untuk dihidangkan.

Demikianlah Resep Sambal Matah, sangat mudah bukan? Semoga resep masakan sambal ini bermanfaat bagi anda yang ingin menghidangkan berbagai sambal sebagai pelengkap dalam suatu hidangan untuk makan bersama keluarga anda ataupun untuk sendiri tentunya bagi anda yang sangat menyukai pedas.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar