Resep Gudeg Nangka Khas Jogja

gudeg jogja
Kota Jogja selain terkenal dengan batiknya juga terkenal dengn salah satu masakannya yaitu, Gudeg. Banyak wisatawan jika berkunjung ke kota pelajar ini menyempatkan menyantap masakan asli Jogja yang disebut dengan gudeg. Gudeg memang mempunyai cita rasa yang khas. Kata sebagian penikmat kuliner, anda akan menemukan kedamaian ketika menyantap gudeg.

Sebenarnya anda dapat membuat sendiri masakan gudeg tanpa perlu jauh-jauh ke Jogja. Disini akan dibeberkan bagaimana cara dan bahan yang diperlukan untuk membuat resep gudeg Jogja yang lezat.

Bahan Utama:
nangka muda,
setengah butir kelapa,
daun jati,
telur untuk direbus,
satu potong daging ayam kampung.

Bahan Bumbu:
tiga biji bawang merah,
empat siung bawang putih,
satu sendok teh ketumbar,
enam butir kemiri,
dua potong laos,
seperempat sendok terasi,
tiga lembar daun salam,
satu sendok makan garam,
dua sendok,
gula merah,
dan micin.


Cara Membuat Gudeg Nangka


  1. Setelah semua bahan dan dan bumbu telah selesai disiapkan, langkah pertama adalah memasak bahan-bahan dan bumbu tersebut.
  2. Pertama-tama rebuslah telur yang telah disiapkan dan memarut kelapa untuk dijadikan santan.
  3. Setelah itu potonglah nangka menjadi potongan yang agak kasar kemudian rebuslah daun jati hingga berwarna merah seperti layaknya warna gudeg pada umumnya.
  4. Tiriskan dan memarkan bersama dengan nangka.\
  5. Langkah berikutnya adalah haluskan bumbu kemudian masukan kedalam panci bersamaan dengan santan, potongan ayam dan nangka muda yang telah dimemarkan.
  6. Kemudian tambahkan daun salam dan laos kedalam panci, teruslah merebus hingga santan habis.
  7. Langkah yang terakhir, masukan telur yang telah dikupas kedalam panci tambahkan pula santan kental dan tetaplah merebus hingga santan habis dan telah siap untuk menyajikan gudeg buatan anda.

Untuk sekedar tips agar mendapatkan resep gudeg Jogja yang terbaik adalah inapkan dahulu gudeg anda selama satu malam agar bumbu meresap kedalam telur, nangka dan ayam. Hal ini akan menambah kenikmatan gudeg buatan anda dan memperkuat rasa asli gudeg.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar